Berita tiap hari

image

Di zaman tsunami informasi seperti sekarang ini, hampir setiap saat kita disugguhi informasi dan berita apapun, kapanpun dan di manapun. Apalagi kita yang gemar berselancar di dunia maya dan memiliki berbagai media sosial yang bukan saja menjadi wadah ekspresi sosial maya kita tapi sudah jadi tempat kita memperoleh berbagai berita terbaru dari penjuru Indonesia hingga apa yang terjadi di belahan dunia lainnya. Menakjubkan.

Menjamurnya situs berita online seperti sekarang kadang membuat kita kewalahan. Tiap hari kita disajikan berita yang sama, yang hanya dipoles sedikit saja lalu disugguhkan lagi. Berita yang itu-itu saja. Bahkan tak jarang kita disuapi berita yang ‘kurang gizi’, tumpul dan karatan. Tidak sedikit juga kita jumpai situs-situs berita tertentu menjadi media provokasi dengan isu-isu basi yang mereka angkat. Lain lagi yang berat sebelah dan kadang tendensius.

Entah sekadar mencari rating atau jumlah klik, mereka-mereka ini akan terus memuat ulang berita yang sama tadi.

Namun tak jarang, di antara kita kemudian meneruskan berita tersebut dengan membagikan berita tersebut dihalaman media sosial kita. Entah itu sekadar ingin membagikan supaya diketahui orang lain atau kadang menjadi alat pembenaran kita. Kita merasa tulisan ini mewakili apa yang selama ini kita pikir, dan apa yang saya yakini selama ini. Dengan dalih ini kita membagikan tanpa mempertanyakan kebenaran berita tersebut.

Tidak sedikit juga orang yang meneruskan berita yang asal jadi dan belum tentu kebenarannya itu sebagai wadah untuk menunjukan ketidaksukaanya terhadap tokoh tertentu. Secara membabi buta dia akan membagikan tulisan-tulisan yang mendukung opininya dan tak lupa sedikit kritik, komentar pedas serta caciannya terhadap tokoh tersebut.

Ini sah-sah saja, semua orang berhak melakukannya akan tetapi kalau hanya wadah pembenaran opini pribadi dan atau kelompok semestinya kebenaran di atas segalanya. Kebenaran atau fakta dibalik berita tersebut jauh lebih penting. Karena itu kita harus selektif dalam memilih berita dan bijak dalam meneruskan berita tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s