How to Read a Book: Cara Jitu Mencapai Puncak Membaca

Kesuksesan Anda dalam membaca buku itu ditentukan oleh seberapa banyak ide yang bisa Anda serap dari semua yang penulis berusaha sampaikan. Mortimer Adler

Seni membaca untuk meningkatkan pemahaman, inilah gagasan utama yang hendak disampaikan oleh kedua penulis dalam buku klasik mereka ini. Bagi mereka, belajar berarti memahami lebih, bukan hanya mengingat lebih banyak informasi. Kegiatan belajar terjadi ketika dari kurang memahami menjadi lebih memahami.

Buku How to read a bookPengetahuan kita tentang dunia mungkin telah meningkat, dan sejauh pengetahuan adalah syarat bagi pemahaman, maka peningkatan itu tentu saja baik. Tetapi pengetahuan tidak berbanding lurus dengan pemahaman. Kita tidak perlu mengetahui segala hal tentang sesuatu untuk memahaminya. Terlalu banyak fakta, seperti halnya sedikit fakta, sering kali menghambat pemahaman (hal. 4).

Membaca adalah salah satu aktivitas pembelajaran. Pembelajaran itu mendapatkan banyak informasi dan memahami apa yang sebelumnya tidak kita pahami. Akan tetapi, ada perbedaan penting dari dua jenis pembelajaran ini. Mendapatkan informasi berarti sekadar mengetahui bahwa sesuatu adalah fakta. Sedangkan, memahami berarti mengetahui, plus mengetahui kenapa hal itu terjadi, apa kaitannya dengan fakta-fakta lain, dalam hal apa mereka sama, dalam hal apa mereka berbeda, dan sebagainya (hal. 12). Mendapatkan informasi adalah syarat untuk memahami, namun jangan berhenti pada mendapatkan informasi saja.

“Orang yang buta huruf mengabaikan abjad, dan orang terpelajar mengabaikan pemahaman.” ujar Montaigne.

Jika kita ingin terus belajar kita harus tahu bagaimana caranya agar buku bisa mengajari kita dengan baik. Jika kita ingin membaca untuk menambah pemahaman kita, maka buku ini akan mengantar kita pada tujuan itu, mengantar kita Mencapai Puncak Tujuan Membaca.

***

Advertisements

4 thoughts on “How to Read a Book: Cara Jitu Mencapai Puncak Membaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s