Kabut itu

Menghalangi pandangan kita. Ketika pandangan kita terhalang, kita hanya bisa memandang dari sudut pandang yang kabur, sempit, tidak utuh bahkan cenderung buruk. Apa yang indah terlihat kurang indah. Apa yang baik terlihat kurang baik, apa yang menarik terlihat kurang menarik. Bahkan lebih parahnya kita hanya bisa melihat pemandangan yang buruk di depan kita. Pokoknya tidak terlihat sebagaimana mestinya.

Kadang kita juga memandang sesama kita dengan cara pandang tidak sebagaimana mestinya. Adakalanya kita memandang orang tertentu dari sudut pandang yang sempit, kita hanya melihat kekurangan demi kekurangannya, kita hanya menatapi kegagalannya secara sinis. Dan lebih parahnya, lebih mudah bagi kita melihat sejuta hal buruk ketimbang satu hal baik dalam diri orang tersebut.

Sekali lagi, kabut itu menghalangi pandangan kita. Begitu pulalah paparan dosa. Dosa membuat mata manusia kabur dalam melihat segala sesuatu. Ketika pandangan manusia ditutupi kabut dosa, manusia memiliki kecenderungan melihat sesamanya dengan cara yang  kabur, tidak utuh, buruk dan cenderung negatif.

Alkitab menggambarkan keadaan mula-mula manusia dengan memakai ungkapan  “menurut gambar dan rupa Allah.” Gambaran yang jelas membedakan manusia dengan mahluk lainnya. Meskipun gambar tersebut telah tercemar oleh dosa, Allah tetap memandang manusia sebagai ciptaan-Nya yang berharga.

Ini juga yang Allah ingin kita lakukan: memandang sesama kita sebagai mana Allah memandang mereka. Ketika kita memandang sesama kita sebagaimana Allah memandang mereka maka tidak ada kesempatan bagi kita untuk memandang mereka secara keliru, tidak utuh dan buruk.

Belajarlah memandang sesama sebagaimana Allah memandang kita.

Advertisements

4 thoughts on “Kabut itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s