Fomophobia

Fear of missing out atau yang biasa disebut fomo adalah ketakutan ketinggalan berita atau status seseorang di media sosial.

Orang yang fomo biasanya selalu dekat dengan gadget. Bahkan saat pertama kali membuka mata saat bangun, yang dicari adalah gadget.

Gadget memang bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan orang masa kini, khususnya mereka yang fomo. Ya, mereka seolah satu kehidupan yang tidak lengkap jika yang satunya absen. Sekadar mengecek atau bahkan menghabiskan berjam-jam menatapi layar gadget adalah hal yang lumrah bagi mereka.

Mereka merasa ada sesuatu yang hilang bahkan takut jika ketinggalan berita. Rasanya mereka tidak sabar melihat status teman, idola bahkan orang terdekat mereka.

Tak salah jika sekadar ingin tahu berita terbaru atau sekadar melihat status seseorang di media sosial. Tapi menjadi masalah jika kita menjadi fomo. Ketakutan yang sebenarnya tidak membuat kita menjadi pribadi yang merdeka atau tidak terikat pada hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting bagi kehidupan kita.

Bukankah pribadi kita tetap utuh tanpa embel-embel yang lain?

Advertisements

5 thoughts on “Fomophobia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s