Minat Baca

Di Amerika Serikat, jumlah buku yang wajib dibaca siswa SMA adalah sebanyak 32 judul buku, Belanda 30 buku, Prancis 30 buku, Jepang 22 buku, Swiss 15 buku, Kanada 13 buku, Rusia 12 buku, Brunei 7 buku, Singapura 6 buku, Thailand 5 buku, dan Indonesia 0 buku.

Juga merujuk data yang pernah dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2012 dijelaskan bahwa sebanyak 91,68 persen penduduk yang berusia 10 tahun ke atas lebih menyukai menonton televisi, dan hanya sekitar 17,66 persen yang menyukai membaca surat kabar, buku atau majalah.

Berdasarkan data di atas, menunjukan minat baca orang Indonesia masih tergolong rendah. Entahlah mungkin karena budaya orang Indonesia yang lebih suka melihat dan mendengar makanya enggan membaca. Barangkali 😉

Jangan berkecil hati dengan data di atas. Setidaknya hari ini kita bisa mulai membaca dan terus meningkatkan minat baca kita.  Bukankah ada pernyataan, “pintar tidaknya seseorang sebenarnya sangat ditentukan seberapa intens ia melakukan aktivitas baca.”

Belum terlambat, karena itu mari membaca.

Advertisements

7 thoughts on “Minat Baca

  1. Harusnya sang menteri kasih intruksi wajib baca juga, bukannya Anis sebelum diangkat sudah berkecimpung di dunia pendidikan?
    Perlu ‘klik’ untuk merombak kebiasaan buruk.

    Mari…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s