Kebiasaan Lama

Bercengkerama dengan kegagalan terkadang membuat tawar hati. Bagaimana tidak, kegagalan itu selalu membuat patah semangat.

Sebenarnya ini soal kebiasaan lama. Meski terbilang kebiasaan lama saya kerapkali bergumul dibuatnya. Memang kebiasaan lama yang sudah mendarah daging susah untuk dihilangkan. Meski demikian kemajuan membutuhkan usaha lebih. Saat ini barangkali usaha saya belum maksimal makanya gagal lagi.

Usaha dan kemajuan tidak bisa dipisahkan. Kita tidak bisa bicara kemajuan tanpa bicara usaha. Setiap kemajuan membutuhkan usaha mencapainya. Demikian pula ketika bicara kebiasaan lama. Mematahkan kebiasaan lama butuh usaha keras. Usaha keras mengubah kebiasaan yang sudah mendarah daging.

Tidak mudah tapi bisa. Kebiasaan lama terbentuk dari kebiasaan yang berulang hingga akhirnya jadi kebiasaan. Saya pikir, mematahkan kebiasaan lama harus juga demikian. Membentuk kebiasaan melawan kebiasaan lama. Saya menyebutnya melawan kedagingan.

Saya tidak bisa menyangkal adanya peran supranatural dalam prosesnya. Karenanya selain usaha pribadi harus ada semacam penyerahan total kepada kekuatan Sang Pencipta. Hal ini memungkinkan kita mencapai kebebasan dan meraih kemerdekaan dari kebiasaan lama yang begitu membelenggu hidup kita.

Singkatnya, berdoa dan bekerja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s