Kreatif

Saat kehabisan cantolan jaket waktu sampai di tempat kerjanya, Albert Parkhouse yang bekerja di sebuah pabrik kawat di tahun 1903 mendapatkan ide. Kawat  yang dia bentuk menjadi oval dengan dua ujung kawat dikumpulkan hingga jadi kaitan. Dengan alat sederhana buatannya itu dia dapat menggantung jaket serta mencantolkannya dengan gampang pada dinding. Itulah asal muasal ditemukannya gantungan pakaian (hanger).

Saat ini siapa yang tidak memerlukan gantungan pakaian (hanger)? Ide kecil tersebut saat ini lantas menjadi sebuah usaha yang besar. Ini adalah bukti nyata jika masalah sekecil apaun mungkin saja menjadi inspirasi dan peluang yang bisa membuat kita berhasil.

ALBERT-HANGER-apakabarduniaPasti terbesit pertanyaan dalam benak kita, mengapa orang biasa seperti Albert Parkhouse dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa yang sebelumnya tidak pernah ia bayangkan? Mengembangkan daya kreativitas adalah jawabannya.

Kreatif berarti memiliki kemampuan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru. William James mengatakan, “Genius sebetulnya berarti memiliki kemampuan sedikit lebih untuk melihat dengan cara yang tidak biasa.”

Ketika sebagian besar orang melihat kulit telur hanyalah seonggok sampah yang tidak berguna, orang yang kreatif melihatnya sebagai “harta karun” yang hanya perlu beberapa sentuhan sebelum dinikmati. Mereka menyulap barang yang dianggap tidak bernilai itu menjadi berbagai kerajinan tangan yang bernilai seni yang tinggi, menjadi komoditas bahkan ada yang sampai di ekspor ke luar negeri.

Menjadi pribadi yang kreatif memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun kita dapat memulainya dari hal-hal yang sederhana. Kita harus membiasakan diri untuk berpikir lain dari pada yang lain dan jeli menangkap fenomena yang sedang terjadi di sekeliling kita, maka lama-kelamaan otak dan pikiran kita akan sendirinya memunculkan ide-ide luar biasa. Singkat kata, kita semua bisa mengembangkan daya kreativitas kita masing-masing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s