Tentang Detail Penulisan

Saya harus berterima kasih kepada Pak Budi Raharjo atas tulisannya berjudul Atensi Kepada Detail (dalam menulis) yang mengingatkan saya untuk segera memperhatikan detail-detail dalam penulisan. Jujur saja,  beberapa waktu belakangan ini, saya hanya fokus mengejar deadline penulisan skripsi saya, akibatnya saya justru acapkali mengabaikan detail-detail dalam penulisan khususnya segi visual dari sebuah tulisan ilmiah. Padahal, salah satu hal yang penting diperhatikan selain dari isi tulisan adalah bentuk visual dari tulisan itu sendiri.

Menurut dosen yang aktif di dunia maya khusus di dunia blog ini, komponen visual seringkali diabaikan kebanyakan orang. Padahal menurutnya, penampakan visual yang buruk dari sebuah tulisan khususnya tulisan karya ilmiah sangat mengganggu pembaca dan tentunya akan mengurangi bobot nilai dari karya ilmiah itu sendiri. Lanjutnya ia mengatakan, “Huruf besar atau kecil, tebal (bold) atau tidak, diletakkan di tengah atau pinggir, dan seterusnya menjadi hal yang sakral.”

Nampaknya saya harus kembali memeriksa detail tulisan saya sebelum mendapat kesan buruk dari dosen pembimbing maupun dosen penguji saya nantinya. Ya, tugas tambahan yang tidak boleh saya pandang sebelah mata. Karena dari tulisan kita, sedikit banyak mengungkapan siapa kita.

***

 

Leave a Reply

