God With Us

Imanuel, nama yang tercatat dalam Matius 1:23, pertama kali diberikan kepada Yesus oleh nabi Yesaya 700 tahun sebelum kelahiran-Nya (Yesaya 7:14). Dan Matius memberitahu kita arti nama yang sangat khusus ini “Allah berserta kita”. Yesus Kristus adalah Imanuel, “Allah beserta kita”.

Lalu dalam arti apakah Yesus “Allah beserta kita”? Bukankah Tuhan selalu dengan umat manusia? Ya. Di satu sisi Allah, Sang Pencipta, selalu dengan ciptaan-Nya. Tidak seperti dewa palsu kaum Deistis dan kaum evolusionis, yang percaya pada tuhan yang memulai dunia dan kemudian pergi jauh meninggalnya, Allah yang benar selalu bersama kita.

Tentang ini, Dia mengatakan dalam Yeremia 23, Masakan Aku ini hanya Allah yang dari dekat, demikianlah firman TUHAN, dan bukan Allah yang dari jauh juga? Sekiranya ada seseorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian, masakan Aku tidak melihat dia? demikianlah firman TUHAN. Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman TUHAN.” (Yer 23:23-24).

Tuhan dalam Alkitab, Sang Pencipta yang benar adalah omnipresent, di mana-mana pada saat yang sama. Dia memenuhi semua ciptaan dengan kehadiran-Nya, setiap gunung dan setiap molekul, namun Dia bukan bagian dari ciptaan itu. Dia tetap Pencipta berbeda dari ciptaan-Nya. Dan Tuhan yang ada dimana-mana tentu Allah yang beserta kita.

Tetapi dengan kelahiran Yesus Kristus di Bethlehem, Imanuel, “Allah beserta kita,” mengambil makna baru. Dalam pribadi bayi Yesus, Tuhan “dengan kita” bukan hanya untuk memberkati kita tetapi juga membantu kita, melindungi kita, dan membimbing kita bahkan menyelamatkan kita. Karena Yesus kecil yang tertidur di jerami itu adalah “Allah beserta kita ” karena Ia adalah Allah.

Apa yang membuat para gembala kembali ke ladang dengan bersukacita, apa yang membuat orang-orang bijak jatuh heran dalam bayangan bayi itu, karena mereka terheran-heran dan takjub bahwa mereka berada di hadapan Pencipta mereka yang menjadi manusia.

Imanuel. Dalam hal ini satu nama, namun semua kebutuhan umat manusia dan seluruh rencana keselamatan Allah yang dimasukkan dalam-Nya. Betapa diberkatinya kita bahwa Yesus Kristus menjadi Imanuel, Allah beserta kita.

***

Advertisements

2 thoughts on “God With Us

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s