Perihal Ketidaktahuan

Semalam ketidaktahuan begitu mengusik saya untuk segera berbuat sesuatu. Sesuatu yang setidaknya bisa mengalahkan ketidaktahuan meski tak banyak.

Rasa ingin tahu adalah kekuatan yang bisa mengantar kita pada pengetahuan lepas pengetahuan. Ketidaktahuan membuat kita gigih melawan kemalasan yang menjadi penghalang kita untuk maju.

Ketidaktahuan itu sebuah kekuatan yang akan memampukan kita melangkah atau bahkan barangkali melompat. Mencari tahu apa yang tidak diketahui. Berjingkrak ke sana kemari disponsori oleh kehausan akan sesuatu, yaitu keingintahuan.

Kebanyakan orang masih menganggap ketidaktahuan adalah tanda kelemahan seseorang. Akan menjadi kelemahan jika ketidaktahuan tidak disponsori oleh rasa haus akan keingintahuan.

Ketidaktahuan itu seperti alarm dalam diri kita. Alarm pengingat. Di mana seseorang diingatkan akan sesuatu yang harusnya dimiliki namun belum ia temukan dan miliki. Alarm bukan hanya akan mengingatkan kita tetapi juga mengharuskan kita untuk segera berbuat sesuatu.

Ketidaktahuan itu bukan momok yang perlu ditakuti. Ketidaktahuan kalau dirangsang dengan tepat akan menghasilkan sesuatu.

Makanya jangan takut dengan ketidaktahuan Anda. Ketidaktahuan itu akan menuntun Anda ke babak baru dalam tulisan perjalanan hidup Anda, asalkan disertai dengan keingintahuan yang kuat serta tindakan nyata mencari tahu apa yang menjadi ketidaktahuan.

Advertisements

3 thoughts on “Perihal Ketidaktahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s