Perihal Menulis

Jujur saja, saya sering takut bahwa apa yang saya tulis akan menjadi hal terburuk yang pernah saya tulis. Dalam benak saya ingin menulis hal-hal besar, bahkan saya ingin menulis brilian pada draft pertama tulisan saya. Oleh karena itu saya cenderung menghabiskan banyak waktu tidak menulis ketimbang memulai sebuah tulisan. Saya selalu menunggu kondisi sempurna, waktu dan tempat yang tepat.

Lagipula, dulu saya takut untuk menulis, seolah-olah bakat saya terbatas dengan jumlah tertentu dari kata-kata. Saya akan sangat hati-hati memilih cerita saya. Saya menghabiskan banyak waktu untuk mencari ide brilian. Saya menulis hanya ketika saya merasa terinspirasi. Semua itu berarti bahwa saya tidak benar-benar menulis.

Tapi kebenarannya adalah bahwa saya hanya perlu menulis. Jika itu baik, itu baik, jika tidak, saya selalu dapat mengeditnya kemudian. Ketika saya menulis, saya menulis dengan keyakinan bahwa saya sedang menulis sesuatu meskipun tidak begitu besar setidaknya menghasilkan sesuatu.

Banyak tulisan saya tidak pernah mendapat kesempatan untuk dibaca oleh orang lain. Tidak mengapa. Saya hanya ingin menulis, menuangkan gagasan-gagasan yang lalu lalang di kepala, itu saja. Saya ingin menulis karena itulah yang ingin saya lakukan, tidak peduli apakah cerita saya adalah sampah atau tidak, selama menulis adalah hal yang saya nikmati itu sudah membuat saya senang.

Ada dua aturan utama untuk menjadi seorang penulis: banyak membaca dan banyak menulis. Anda tidak dapat melakukan satu tanpa yang lain, tidak peduli berapa banyak Anda mencoba.

***

5 thoughts on “Perihal Menulis

  1. tulis aja dulu.. selesai. lalu baca. lalu perbaiki.. 😀
    hihihi.. 😀
    tanpa kesalahan. mungkin kita enggak akan tau mana yang benar.. 😀
    keep writing mas.. 😀

Leave a Reply

