Jangan Kebablasan

Perkembangan ilmu pengetahuan akhir-akhir ini memang sangat menakjubkan. Kemajuan dunia telah mengubah cara berpikir dan bertindak manusia modern. Kemajuan-kemajuan ini tentu saja memberi banyak kemudahan pada manusia.

Namun di sisi lain, kemajuan dan perkembangan selalu saja dibarengi oleh dampak negatif bagi manusia itu sendiri jika tidak bijak menanggapinya. Misalnya, gaya hidup “ikut-ikutan”. Karena alasan tidak ingin dicap ketinggalan zaman, mereka memilih mengikuti arus zaman. Mereka akan menghabiskan waktu, uang dan tenaga agar terus tampil sesuai dengan perkembangan yang tengah terjadi. Percakapan di antara mereka pun didominasi masalah fashion, gadget terbaru, serta aneka bentuk matrealisme lainnya.

Bahayanya bagi kaum remaja, mereka akan lebih suka memberikan apresiasi dan atensi pada penampilan dan segala peranti teranyar mereka ketimbang kegiatan menuntut ilmu. Mereka lebih memilih menghabiskan waktu luang dengan aktivitas yang sebenarnya menghambat daya kreativitas mereka.

Tidak heran, kini semakin jarang terdengar percakapan akademis di lingkungan pelajar. Tentu saja, kondisi ini sangat mengkuatirkan. Karena itu, kita perlu berhikmat. Boleh saja mengikuti perkembangan dunia namun tidak semua perlu diadopsi menjadi bagian dari hidup kita.

***

Advertisements

6 thoughts on “Jangan Kebablasan

    1. Iya nih jangan asal aja, lagipula kalo dipikir2 kita gak akan pernah puas sesuatu, misalnya gadget. Ada yang baru pengen beli, ada yang baru lagi, pengen beli lagi 😐 padahal perkembangan teknologi lajunya bukan main.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s