Ini Perpustakaan

Kadangkala saya merasa jengkel sekali dengan aktivitas segelintir orang yang mengalihfungsikan perpustakaan kampus.

Image: www.fashionzpk.com
Image: http://www.fashionzpk.com

Beberapa hari yang lalu, saya sempat naik pitam karena ulah sebagian orang yang membuat perpustakaan di kampus bak pasar. Perpustakaan yang sejatinya tempat paling kondusif dan seharusnya paling nyaman untuk belajar dan mendulang ilmu berubah menjadi tempat ngobrol dan segudang aktivitas keributan lainnya yang menciptakan kegaduhan di dalamnya.

Bagi mereka yang melakukan barangkali tak menjadi masalah setidaknya untuk diri mereka, tetapi bagi yang lain itu bisa jadi merupakan masalah. Karena banyak orang tidak bisa konsentrasi belajar dalam kondisi yang tidak tertib dan penuh kebisingan seperti itu.

Saya pikir orang-orang demikian tidak sadar diri dan tidak bisa menempatkan diri. Tidak sadar keberadaannya di mana dan tidak bisa menempatkan diri, di mana ia seharusnya mengikuti aturan. Bahkan mungkin bisa saya tambahkan mereka tidak tahu fungsi perpustakaan yang sesungguhnya.

Kalau saja mereka tahu dan mengerti fungsi perpustakaan barangkali mereka tak akan berulah demikian. Nyatanya ketidakmengertian tersebut menuntun mereka melakukan banyak hal yang sebenarnya merugikan diri mereka sendiri bahkan orang lain.

Kemungkinan kedua, bisa jadi mereka tahu fungsinya tapi tak mau tahu. Mereka tidak mau tahu apakah ulah mereka mengganggu atau tidak. Mereka dengan sesukanya melakukan hal-hal yang sebenarnya tak patut dan tentunya tidak boleh dilakukan selama berada di dalam perpustakaan.

Perpustakaan kerap kali beralih fungsi. Bukan lagi sebagai tempat untuk mendulang ilmu sebanyak mungkin tetapi adakalanya berubah menjadi tempat bersoal jawab sesuatu yang tidak penting bahkan terkesan tidak ada kaitannya dengan aktivitas di perpustakaan. Misalnya, di perpustakaan saya sering mendengar percakapan yang didominasi oleh masalah film, fashion, bahkan gadget terbaru.

Ini perpustakaan. Tempat untuk melakukan banyak kegiatan berfaedah bukan wadah obrolan kosong.

Advertisements

5 thoughts on “Ini Perpustakaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s