Gong Xi Fa Cai

Pada masa lampau memang budaya Tionghoa nyaris tak punya tempat untuk tampil secara terbuka di depan publik Indonesia. Barulah setelah demokrasi bergulir  warga Indonesia etnis Tionghoa dengan segala macam bentuk seni dan budayanya lambat laun diterima dan bahkan kini sudah memperoleh tempat di republik ini.

Tentu saja ini merupakan sebuah awal yang baik. Sebab, di tengah kemajemukan budaya Indonesia ini, masa depan Indonesia sangat membutuhkan persatuan dan tolerasi yang tinggi dari setiap warganya. Tanpa itu, Indonesia dapat terjebak dalam konfik dan ancaman disintegrasi.

Budaya Tionghoa dengan keanekaragamannya harusnya dilihat sebagai salah satu aset berharga bangsa Indonesia yang patut dijaga dan dilestarikan. Aset dimana sumber kekuatan terletak, yang kemudian bisa membuka mata dunia melihat Indonesia sebagai negara Bhineka Tunggal Ika yang memiliki nilai luhur, negara kuat dengan segala kekayaannya.

Sebagai warga negara Indonesia kita patut bangga karena kekayaan negeri kita ini. Kekayaan budaya, alam dan orangnya telah tercium oleh dunia. Tak heran, bumi pertiwi ini cukup terpandang di negeri orang. Tak sedikit dari mereka yang penasaran dengan Indonesia. Sudah seharusnya kita menjaga yang sudah ada ini. Bukan sebaliknya karena arogansi, kita meluluhlantahkannya.

Jangan karena alasan berbeda, penuh curiga dan benci kita membuang damai yang sudah ditanam di negeri ini. Perbedaan bukanlah pagar penghalang kita untuk bergandengan tangan, memberi diri untuk kemajuan Indonesia ke depannya. Sebaliknya kepelbagaian kita jadikan fondasi membangun karakter bangsa yang kokoh, apik, dan indah sebagai bangsa yang multikultural.

Perbedaan dalam kepelbagaian sejatinya adalah harmoni indah jika diserta penerimaan dengan rasa hormat dan cinta. Momentum perayaan Imlek harusnya disikapi dengan kecintaan yang makin bertambah atas kebudayaan Indonesia yang serba majemuk serta menjadi ajang mengormati satu sama lain. Imlek merupakan sebuah momen kebersamaan dalam keragaman Indonesia.

Image: http:/it.123rf.com
Image: http:/it.123rf.com

Gong Xi Fa Cai bagi sahabat yang merayakan Imlek, semoga damai dan sejahtera serta kita. Apa yang menjadi harapan di tahun baru ini kiranya tercapai. Sekali lagi selamat tahun baru Imlek. 😉

Advertisements

2 thoughts on “Gong Xi Fa Cai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s