Mengapa Aku Menulis

Aku menulis karena aku ingin mencari tahu siapa aku. Menulis adalah cara yang mengagumkan untuk mengetahui siapa aku sesungguhnya.

Aku menulis karena aku ingin mengetahui apa yang aku pikirkan, mengerti apa yang aku pikirkan, menyampaikan apa yang aku pikirkan. Menulis adalah cara terbaik untuk menata ulang pikiranku.

Aku menulis karena aku ingin meninggalkan setapak jejak di dunia fana ini. Aku dapat meninggalkan warisan yang tidak hilang pada saat aku tiada kelak. Menulis adalah kegiatan menceburkan diri dalam pusaran sejarah. Tidak lekang oleh waktu!

Aku menulis karena itu membuat aku bahagia. Aku merasa seperti melakukan sesuatu yang berharga, dan sesuatu yang bisa aku lihat dan nikmati kembali. Tentu saja, hal ini tidak terjadi sepanjang waktu. Adakalanya aku jijik ketika mendapati apa yang kutuliskan gagal aku hidupi.

Aku  menulis karena aku merasa bahwa kadang-kadang kata-kata dapat mengubah dunia.

Aku menulis dengan harapan bahwa apa yang aku tuliskan menjadi jawaban. Mungkin bisa menjadi jawaban di saat yang paling tidak terduga.

Aku menulis karena aku ingin menginspirasi orang lain, seperti halnya ketika aku terinspirasi oleh tulisan orang lain.

Aku menulis karena sebuah panggilan. Panggilan memancarkan Ia yang memanggilku. Ia yang kini telah berbicara lewat tulisan jua yang bisa aku nikmati siang dan malam.

Aku menulis karena semua itu dan aku tak kenal lelah dalam pengejaran itu. Aku sering memilih untuk tidak menulis.  Namun alasan itulah yang menyangga ku tetap menulis. Aku menulis karena aku tidak bisa tidak menulis.

Mengapa Anda menulis?

Leave a Reply

