Oh tidak, masalah lagi!

problem-solvingMasalah datang sesukanya. Tak diundangpun ia pasti datang. Kepada siapapun ia pasti datang. Masalah adalah sebuah keadaan yang berbeda dengan apa yang kita harapkan. Suatu keadaan yang berbanding terbalik dengan kondisi yang kita dambakan atau cita-citakan. Ia datang bak bencana, sewaktu-waktu dan menghancurkan, membuat kita seolah berada di jalan buntu. Itulah masalah. Ia hadir kadang hanya seperti secumput garam tetapi adakalanya ia mampir layaknya seton kerikil tajam yang siap membuat kita tersandung bahkan jatuh terluka.

Reaksi terhadap masalah bisa beragam. Namun pada umumnya reaksi terhadap masalah seringkali lebih besar dari masalah itu sendiri. Tidak heran, jika reaksi terhadap masalah itu memunculkan masalah baru lagi. Reaksi berlebihan terhadap masalah bukan jadi jalan keluar dari masalah. Mengeluh misalnya, hanya akan menguras banyak energi dan membuang banyak waktu dengan percuma. Menggerutu dan bersungut-sungut tidak akan menyelesaikan masalah justru hanya akan menambah beban. Akibatnya keharmonisan hidup terggangu, tak jarang jika frustrasi, stres, dan galau menghampiri. Akhirnya, produktivitas kita terganggu, relasi kita dengan orang lain terganggu bahkan banyak moment indah dan berharga terlewatkan begitu saja.

Masalah bisa menjadi kesempatan dan tantangan untuk meningkatkan segala sesuatu terkait diri kita. Kehadiran masalah bisa jadi kesempatan emas meningkatkan kapasitas diri kita [setidaknya terhadap masalah serupa]. Bahkan ia bisa menjadi tantangan untuk melangkah lebih baik lagi dari sebelumnya. Kehadirannya membuat kita menyadari dan mempercayai bisa saja ada sesuatu yang lebih baik dari situasi saat ini.

Bagaimana kita memandang masalah akan menentukan sikap kita terhadap masalah. Sikap kita terhadap masalah akan menentukan hasil akhir. Ketika kita memandang masalah sebagai sebuah monster menakutkan maka kita akan tertelan olehnya. Sebaliknya ketika kita meniliknya sebagai sahabat maka dengan cekatan ia akan menjadi landasan pacu kita untuk meraih kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Kehadiran masalah merupakan kesempatan kita untuk bersikap positif dalam memandang masalah. Oleh karena itu, ketika dilanda masalah belajarlah untuk tetap bersyukur.

Ketika membaca tulisan ini barangkali Anda sedang bergumul dengan persoalan Anda masing-masing. Saya tidak berkata bahwa saya sangat cakap dalam memandang dan bersikap terhadap suatu masalah. Sekali-kali tidak. Sembari tangan menulis, banyak kali saya harus bergumul terlebih dahulu dengan masalah-masalah saya. Saya harus terlebih dahulu menerapkannya dalam kehidupan saya sehari-hari sebelum terangkai menjadi kalimat.

Sekali lagi, selama kita masih berpijak di bumi masalah tak akan pernah absen dari kehidupan kita. Namun kehadirannya sejatinya tidak membuat kita menjadi seolah mahluk yang paling lemah dan malang di dunia. Sebaliknya kehadirannya makin membuat kita kuat dan matang dalam menapaki ekspedisi kehidupan ini. Terlebih lagi kita tak berjalan sendirian. Takkala masalah melanda hidup kita ketahuilah Ia hadir dan sangat mengerti setiap tetesan air mata kita. Ia tak membiarkan, Ia tak akan mengizinkan masalah melampaui kekuatan kita, dan Ia tak akan pernah terlambat menolong kita, hanya saja, Ia ingin melihat kita bukan lagi seperti anak kecil yang merangkak dan merengek tapi seperti orang dewasa yang berjalan bahkan berlari dalam menapaki hidup. Oleh karena itu, hadapilah masalah kita hari ini dan esok dengan tetap bersyukur, cara pandang yang berbeda, dan dengan sikap berbeda pula. Lihatlah, kita akan terpana dengan apa yang akan terjadi dalam hidup kita besok.

>> Bagaimana sobat, apa masalah sobat hari ini? Jika ada, percayalah pasti ada jalan keluar!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s