Buku Pilihan Saya di Tahun 2013

BooksAdakalanya saya harus berjibaku melawan lupa dan ketidaktahuan. Membuka lembar demi lembar buku-buku itu. Tak banyak memang, namun kehadiran mereka cukup membuka mata dan hati ini. Ya, semenjak ketidaktahuan mengolok diri ini saat itu pula aktivitas mencari informasi dan pemahaman tentang dunia, manusia dan Tuhan melalui kata-kata tertulis rutin saya lakukan. Kadangkala, saya layaknya pemulung yang mengais rezeki di balik tumpukan sampah. Tak apa seperti itu, yang terpenting di sini saya mendapatkan apa yang saya butuhkan. Makanan untuk jiwa dan pikiran saya.

Catatan ini memuat daftar buku yang kehadirannya cukup signifikan dalam hidup saya di tahun 2013. Ini adalah daftar buku-buku terbaik versi saya di tahun 2013, meskipun sebenarnya ada sebagian buku sudah sejak jauh hari terbit tetapi baru mendekat kepada saya atau dengan kata lain baru saya baca di tahun tersebut. Bahkan kadang miris, di antara buku-buku itu telah lama menghiasi rak buku saya namun belum terjamah sama sekali dan barulah tahun 2013 saya bercengkerama dengan mereka. Anda jangan berpikir bahwa saya hafal keseluruhan isi buku-buku tersebut tetapi setidaknya sedikit banyak saya telah menangkap pesan utama dan terus saya cerna hingga kini. Buku-buku di bawah ini turut membantu saya dalam banyak hal: cara pandang, proses berpikir, rasa, dan tindakan saya. Bahkan adakalanya saya harus menitikkan air mata, karena memang saya harus akui mereka hadir bukan hanya menyentuh pikiran tetapi hati juga.

Tak lupa saya hanturkan banyak terima kasih kepada mereka yang telah mempersembahkan ide-ide mereka ke sebagian hidup saya. Saya harap Anda juga memiliki pengalaman-pengalaman serupa: bercengkerama dengan buku-buku baik dan bermutu. Berikut daftar buku-buku tersebut;

Spiritual Books

  1. Life as a Vapor – John Piper
  2. The Radical Disipline – John Stott
  3. Relasi: Kekusutan yang Layak Dihadapi – Tim Lane & Paul Tripp
  4. Wired For Intimacy – William M. Struthters
  5. The Pursuit of Holiness – Jerry Bridges
  6. Spiritual Check-Up – Donald S. Whitney
  7. How You Can Sure That You Will Spend Eternity With God – Erwin W. Lutzer

Christian Worldview Books

  1. The Christian Mind – Hary Blamires
  2. Kebiasaan Akal Budi – James W. Sire

Theological Books

  1. Confessions – Augustine
  2. Hari-hari Terakhir Yesus: Sesungguhnya apa yang terjadi? – Craig A. Evans & N.T. Wright
  3. Reinventing Jesus – J. Ed Komoszewski, M. James Sawyer & Daniel B. Wallace
  4. Detroning Jesus – Darrel L. Bock & Daniel B. Wallace

Miscellaneous & Self Development

  1. How to read a book – Mortimer J. Adler & Charles Van Doren
  2. Writing Without Teachers – Peter Elbow
  3. Curahkan Gairah Menulis – Ratna D. Pudiastuti
  4. Effective Public Speaking – Richard Bewes
  5. Personality Theories – C. George Boeree
  6. Personality Plus – Florence Littauer

Seorang pakar terkemuka pernah berujar,

“Buku itu bisa Anda miliki sepenuhnya jika Anda telah menjadikannya bagian dari diri Anda.” – Mortimer J. Adler

Maksudnya jelas, buku hanya akan menjadi milik kita sepenuhnya jika pesan yang hendak disampaikan penulis mendarat di dalam pikiran dan hati kita kemudian sedikit banyak mempengaruhi hidup kita dan cara kita menjalaninya. Akhirnya, jangan biarkan buku-buku yang kita beli hanya menjadi penghias ruangan saja. Ambil, baca dan nikmatilah.

>>Bagaimana dengan Anda, apa judul buku terbaik pilihan Anda di tahun 2013?

Leave a Reply

